Sogo berasal dari nama pendiri Sogo Departement Store yaitu Mr. Ihei Sogo. Sogo
adalah suatu perusahaan terbatas yang bergerak dibidang retail (perdagangan). Sesuai
dengan bidangnya sebagai perusahaan retail, maka keberadaannya untuk dapat
memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat atau konsumen luas. Sogo
mempunyai anak perusahaaan yang cukup banyak dibeberapa kota.
Visi dan Misi
Mengingat kebutuhan sandang saat ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat terutama
kalangan menengah keatas maka Sogo mendirikan Departement Store yang berkualitas
terbaik yang memperkenalkan trend yang mode terbaru dan selalu memberikan service
customer yang baik.
a. Visi
Sogo Departement Store mempunyai visi dapat masuk dalam jajaran
Departement Store terkemuka di Surabaya khususnya dan Indonesia pada umunya,
yang unggul baik dalam kualitas maupun pelayanan.
b. Misi
Sogo Departement Store mempunyai misi baik dari sisi bisnis dan social dalam
retails.
Adapun Misi Sogo Departement Store sebagai berikut :
1. Menjadi Departemen Store Multi Services Provider terbaik dari sisi kualitas
dan pelayanan di Surabaya.
2. Memperkenalkan trend dari mode yang terbaru yang dibutuhkan oleh
masyarakat untuk meningkatkan gaya hidup masyarakat.
3. Melakukan kerjasama dengan elemen media elektronik, cetak, television.
Struktur Organisasi
Dalam mencapai tujuan yang diharapkan, maka Sogo Departement Store mempunyai stuktur organisasi yang menggambarkan tugas dan wewenang yang harus dijalankan, sesuai dengan peranan dalam struktur organisasi tersebut. Struktur organisai (terlampir) tersebut memperlihatkan hubungan antara semua karyawan dan fungĂs-fungsi sehingga dengan demikian ada statu koordinasi yang saling berkaitan.
Posisi Sogo dengan beberapa saudara perusahaannya, sangat strategis. Karena department store itu ditunjang lebih dari 50 merek, mulai peralatan olah raga, fashion dan pakaian anak-anak, yang merupakan merek terkenal.
Sogo juga ditunjang oleh perusahaan yang bergerak di berbagai bidang seperti food & beverage dan lifestyle serta supermarket. Hal itu kian memantapkan Sogo sebagai pusat belanja dan rekreasi keluarga.
Konsep pengembangan yang dipakai adalah memaksimalkan pertumbuhan yang potensial, dari seluruh perusahaan yang berada di bawah holding company PT Mitra Adiperkasa Tbk itu. Saat ini, kontribusi Sogo terhadap induk perusahaan tersebut sekitar 46%.
Dengan konsep itu, Sogo tidak sekadar men-display produk bermerek, melainkan sekaligus bertanggung jawab untuk mengembangkan merek tersebut.
Di sinilah keunikan Sogo, yang mampu mengombinasikan antara department store-nya dengan berbagai specialties store di atas. Bisa dilihat bahwa di setiap Sogo selalu ditunjang dengan adanya specialties store seperti Planet Sport yang menyediakan produk peralatan olahraga, produk fashion yang menampilkan puluhan merek terkenal dan pakaian anak-anak.
Selain menyediakan kebutuhan pakaian, Sogo juga ditunjang oleh tersedianya layanan F&B seperti Starbucks, Chatterbox dan Spicegarden, serta divisi lifestyle di antaranya toko buku Kinokuniya.
Dengan keunikan itu, maka lengkaplah apabila Sogo menjadi one stop department store dan pusat rekereasi keluarga. Sehingga, tidak saja hanya melayani kebutuhan kaum wanita beserta berbagai aksesoris, melainkan juga memenuhi kebutuhan perlengkapan busana pria dan anak-anak.
Belanja di Sogo pun menjadi lebih nyaman karena tersedianya restoran dan toko buku sebagai tempat pilihan melepas penat setelah berbelanja. Bahkan orang bisa berkunjung ke supermarket sekaligus untuk mencukupi kebuuhan pokoknya.
Eksklusif
Keunikan sebagai one stop department store inilah yang hingga kini belum dimiliki department store lain di Indonesia. Dengan kelengkapan sejumlah merek yang dimiliki specialties store itu, Sogo akan menjamin eksklusivitasnya dibandingkan department store lain yang lebih mengandalkan sejumlah supplier-nya.
Sogo sebagai department store klas menengah atas, mungkin tidak bisa dibandingkan dengan department store lain, kendati memiliki target pasar yang sama. Sebab masing-masing memiliki keunggulan
Kendati demikian, Sogo tidak harus berpangku tangan dan puas dengan posisinya saat ini yang masih eksis sebagai tempat belanja kaum minoritas negeri ini.
Tapi Sogo terus berbenah dan memperbaiki berbagai strategi untuk merealisasikan visi menjadi perusahaan ritel papan atas Indonesia.
Ratih D. Gianda, group head of investor relations PT Mitra Adiperkasa Tbk menuturkan untuk menunjang upaya memaksimalkan pertumbuhan yang potensial, manajemen Sogo menggenjot penjualan melalui berbagai event tahunan dan program exclusive brand sale, special price dan penjualan khusus seperti all about man.
Untuk memudahkan pelanggan berbelanja, Sogo juga menerapkan program gift voucher dan gift card yang unik. Gift card ini seperti halnya kartu yang memiliki nilai tapi nominalnya tidak tertera pada kartu.
Jika kartu itu digunakan berbelanja, maka jumlah akan berkurang dengan sendirinya. Kedua kartu ini lebih elegan sebagai hadiah dan nyaman serta aman bagi pelanggannya. Konon, jumlah pemakai gift voucher dan gift card ini semakin meningkat.
Cara lain yang ditempuh adalah bekerjasama dengan Bank HSBC untuk pemberian program khusus additional discount bagi pemegang kartu tersebut.
Di bidang teknologi, Sogo kini menggunakan sistem terintegrasi antara persediaan toko dengan pergudangan. Sehingga, barang-barang yang ada di gudang atau yang sedang dalam perjalanan dari gudang ke toko, bisa terdeteksi. Sistem yang disebut dengan SAP ini akan membantu mempercepat pelanggan mendapatkan barang yang diinginkan.
Dalam upaya meningkatkan pelayanan pelanggan, manajemen Sogo juga melakukan training yang intensif kepada karyawan, terutama di bagian front liner. Sebab bagian inilah yang menjadi ujung tombak penjualan.
Training di sini penting sekali, ujar Ratih. Sebab department store ini padat dengan sumber daya manusia. SDM inilah yang patut mendapatkan berbagai jenis training terutama menyangkut interpersonnal skill.
Training juga sangat penting untuk menjelaskan visi dan misi perusahaan. Sehingga seluruh SDM mengerti dan faham visi dan misi tersebut.
Namun, kunci yang paling sukses untuk menjalankan berbagai strategi tersebut adalah komunikasi. Tanpa adanya komunikasi yang baik sesama karyawan dan karyawan dengan atasan, maka visi dan misi tidak akan pernah tercapai.
Berdasarkan
hasil-hasil yang didapat dari analisis internal dan eksternal pada tabel
seperti dituliskan di atas, hasilnya dapat dirangkum sebagai berikut :
Skor Total Kelemahan : -3,35294
Skor Total Peluang : 3,636364
Skor Total Ancaman : -3,57143
Selain itu, penentuan koordinat dari gambar tsb adalah
sebagai berikut :
Koordinat Analisis Internal = (Skor total
Kekuatan – Skor total kelemahan) : 2 = ( 3,666667 – 3,35294) : 2 = 0,1568635
Koordinat Analisis Eksternal = (Skor total
Peluang – Skor total Ancaman) : 2 = (3,636364 – 3,57143) : 2 = 0,032467
Titik koordinat terletak pada (0,15;0,03)
matrix swot
-Pada kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.
-Pada kuadran II ( W O Strategi ) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagi acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.
-Pada kuadran III ( W T Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
-Pada kuadran IV ( S T Strategi ) Menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang
kuadran 1 penetrasi pasar
meningkatkan pangsa pasar yang ada dengan menggunakan katalog
kuadran 2 penetrasi pasar
menungkatkan pangsa pasar melalui website selain dengan katalog
kuadran 3 integrasi horisontal
menghadapi persaingan dengan membeli bisnis dari perusaahan lain
kuadran 4 diversifikasi konglomerat
menambah produk baru yang sudah ada dengan produk-produk yang berinovasi
Startegi
Bisnis Unit :
Prioritas
Pertama
Membuat katalog untuk mempermudah pelangganmendapatkan
informasi tentang psoduk-produk di sogo
Faktor Penentu
Keberhasilan
- SDM yang
memiliki kompetensi dibidangnya
Output
katalog
Outcame
Makin
meningkatnya jumlah customer
Impact
Citra
perusahaan semakin baik
Prioritas
Kedua
Bertambahnya unit usaha yang dimiliki
Faktor penentu
keberhasilan
Memanfaatkan peluang yang ada
Output
Meningkatnya kepuasan pelanggan
Outcame
Tingkat penjualan
semakin meningkat
Impact
Kami dari PT. HOKA HOKI INDONESIA memberitau bahwa perusahaan kami ingin bekerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN
AntwoordVee uitService Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera)
Pengiriman Domestic antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Customs Clearance Port
Jakarta, Semarang, Surabaya, Belawan & Port Lain nya.
Dote :
Kami tidak menerima barang-barang larangan seperti Airsoft Gun, Obat-obatan terlarang.
Kami tidak bertanggung jawab/ tidak akan mengganti kerugia apabila didapati adanya barang-barang bahaya / Larangan tersebut, dan apabila diketahui barang membahayakan maka kami akan melapor kepada pihak yang berwajib.
Kami menerima barang-barang seperti Kimia, tetapi kimia yang ada disertai MSDS (Material Safety Data Sheet).
Terima kasih atas kepercayaan nya,semoga kami dan perusahaan bpk/ibu berjalan dengan lancar.
Jika ada yang ingin dipertayakan, silah kan hubungi kami di nomor (+62 21) 2906-8484
Hp wa. 081908060678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
PT. HOKA HOKI INDONESIA
Shopping Arcade 2nd Floor B-03 Jakarta Garden City,
Jl. Raya Cakung Cilincing KM. 0,5 Jakarta Timur 13910 Indonesia
Phone : +62 21 29068484 Fax : +62 21 29068666
Email : andijm.logistics@gmail.com
Website : hokahoki.co.id
Mr. Andi JM BBM : D9CE63FD
Hp wa. 081908060678, 081385311679